MACAM-MACAM PASAR
A.   Pengertian Pasar
Pasar menurut ilmu ekonomi adalah suatu pertemuan antara orang yang mau menjual dan orang yang membeli suatu barang dan jasa tertentu dengan harga tertentu pula.
B.     Fungsi Pasar
Adapun fungsi pasar ada tiga macam yaitu :
a.       Fungsi Distribusi
Pasar sebagai alat distribusi berfungsi mendekatkan jarak anatara konsumen dan produsen dalam melakukan transaksi. Contohnya, jika kita ingin membeli buku, kita tidak perlu pergi ke pabrik buku cukup pergi ke toko buku terdekat saja.
b.      Pasar sebagai pembentuk harga
Pasar merupakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli. Di pasar tersebut penjual menawarkan barang-barang atau jasa kepada pembeli. Pembeli yang membutuhkan barang atau jasa kepada pembeli. Pembeli yang membutuhkan barang atau jasa akan berusaha menawar harga dari barang atau jasa tersebut, sehingga terjadilah tawar-menawar antara kedua belah pihak. Setelah terjadi kesepakatan, terbentuklah harga. Dengan demikian, pasar berfungsi sebagai pembentuk harga.
c.       Pasar sebagai sarana promosi
Pasar sebagai sarana promosi artinya pasar menjadi tempat memperkenalkan dan menginformasikan suatu barang/jasa tentang manfaat, keunggulan dan kekhasannya pada konsumen.
C.     Syarat-Syarat Terjadinya Pasar
1.      Adanya penjual
2.      Adanya barang atau jasa yang diperjualbelikan
3.      Adanya interaksi antara penjual dan pembeli
4.      Adanya media atau tempat untuk interaksi antafra penjual dan pembeli.

macam-macam pasar dalam persfektif mikro ekonomi
1.Pasar Persaingan Sempurna
suatu struktur pasar atau industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, dan setiap penjual atau pun pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan dipasar seperti model penjualanya menggunakan agen resmi.
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
1. Perusahaan industri adalah price taker, Price taker atau Pengambil harga artinya suatu perusahaan dagang/ penjual yang ada didalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar.
2. Setiap perusahaan mudah keluar atau masuk Sekiranya perusahaan mengalami kerugian atau adanya indikasi kurang mengguntungkan, dan ingin meninggalkan usaha tersebut, langkah ini dapat dengan mudah dilakukan.
3. Menghasilkan barang serupa Barang yang dihasilkan berbagai perusahaan tidak mudah untuk dibeda-bedakan. Barang yang dihasilkan sangat sama atau serupa.
4. Terdapat banyak perusahaan di pasar Sifat inilah yang menyebabkan perusahaan tidak mempunyai kekuasaan untuk mengubah harga. Sifat ini meliputi dua aspek, yaitu jumlah perusahaan sangat banyak dan masing-masing perusahaan adalah relative kecil kalau dibandingkan dengan keseluruhan jumlah perusahaan didalam pasar.
5. Pembeli mempunyai pengetahuan yang sempurna mengenai pasar Dalam pasar persaingan sempurna juga dimisalkan bahwa jumlah pembeli adalah sangat banyak.
3. Pasar Monopolistik
Pasar Monopolistik adalah salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
Ciri-ciri Pasar persaingan monopolistik:
1. banyak pembeli dan banyak penjual
2. produk yang terdiferensiasi
3. informasi produk cukup
4. free entry
5. mirip dengan pasar persaingan sempurna.
6. produsen/penjual hanya memiliki sedikit kekuatan merubah harga.
7. relatif murah keluar masuk pasar.
contohnya: snack, nasi goreng, pulpen, buku, pensil, dll.
2. Pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai "monopolis".
Sebagai penentu harga (price-maker), seorang monopolis dapat menaikan atau mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi; semakin sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut, begitu pula sebaliknya. Walaupun demikian, penjual juga memiliki suatu keterbatasan dalam penetapan harga. Apabila penetapan harga terlalu mahal, maka orang akan menunda pembelian atau berusaha mencari atau membuat barang subtitusi (pengganti) produk tersebut atau —lebih buruk lagi— mencarinya di pasar gelap (black market).
ciri-ciri :
1. hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran
2. tidak ada barang subtitusi/pengganti yang mirip (close substitute)
3. produsen memiliki kekuatan menetukan harga
4. tidak ada pengusaha lain yang memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berupa keunggulan perusahaan.
Monopoli yang Tidak Dilarang:
Monopoli by Law

Monopoli oleh negara untuk cabang-cabang produksi penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak.
Monopoli by Nature
Monopoli yang lahir dan tumbuh secara alamiah karena didukung iklim dan lingkungan tertentu.
Monopoli by Lisence
Izin penggunaan hak atas kekayaan intelektual.
4. Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
Ciri-ciri pasar oligopoli adalah sebagai berikut :
a. Terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai pasar.
b. Barang yang diperjualbelikan dapat homogen dapat pula berbeda corak (differentiated product).
c. Terdapat halangan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk ke dalam pasar.
d. Satu di antara oligopoli merupakan market leader, yaitu penjual yang memiliki pangsa pasar yang terbesar.
Oligopoli terdiri dari dua macam, yaitu sebagai berikut :
1. Oligopoli murni (pure oligopol ) yang ditandai beberapa perusahaan menjual produk homogen.
2. Oligopoli dengan pembedaan (differentiated oligopol ) yang ditandai beberapa perusahaan menjual produk yang dapat dibedakan.
Dampak negatif oligopoli terhadap perekonomian adalah sebagai berikut :
a. Keuntungan yang terlalu besar bagi produsen dalam jangka panjang.
b. Timbul inefisiensi produksi.
c. Eksploitasi terhadap konsumen dan karyawan perusahaan.
d. Harga tinggi yang relatif stabil (sulit turun) menunjang munculnya inflasi yang kronis.

Tabel Ciri-ciri dan Macam-macam pasar
Cirri-ciri
Monopolistik
Persaingan sempurna
 monopoly
oligopoly
1.      Jumlah penjual
Jumlah penjual banyak namun idak sebanyak pada pps
Banyak penjual dan pembeli
Hanya satu penjual dan banyak pembeli
Hanya sedikit penjual atau produsen yang menguasaipasar
2.      Jenis barang yang di jual
Terdapat diferensiasi produk
Produknya homogen konsumen tidak perlu membuat preferensi
Jenis barang yang di perjualbeikan hanya semacam
Produk-produknya berstandar
3.      Hambatan memasuki pasar
Kemungkinan untuk keluar masuk industry relative mudah, hanya ada halangan yang sedikit
Kemudahan untuk keluar dan masuk dalam industri secara bebas (free entry, free exit)
Pedagang lain yidak dapat masuk karena ada hambatan dengan undang-undang atau karena teknik yang cangih
Kemungkinan ada penjual lain untuk masuk pasar masih terbuka
4.      Kemampuan menetapkan harga
Penjual dapat mengendalikan harga dalam tingkat erentu
Harga di tentukan oleh pasar, perusahaan sebagai price taker – tidak punya kemampuan untuk mengendalikan harga dari produknya
Pembeli tidak ada pilihan untuk membeli barang
Harga jual tidak mudah berubah
5.      Interpendensi pengambilan keputusan
Menghasilkan peraturan dalam pengambilan keputusan yang berbeda
Setiap produsen hanya menawarkan proporsi yang kecil jika di bandingkankan output total dalam industri
Saling ketergantungan pesaing yang satu dengan pesaing yang lain
Keputusan seorang penjual akan mempengaruhi penjual lainnya
6.      Bentuk kurva permintaan
Tidak sempurna
Konsumen dan produsen mempunyai pengetahuan yang sama (sempurna) tentang pasar
Harga semakin rendah jika produksinya semakin banyak
Mencerminkan prilaku oligopolis dalam pasar
7.      Keseimbangan jangka pendek
Terbatas
Maksimasi profit/ keuntungan
Memperoleh laba maksimum
Memaksimumkan penjual pasar pesaing
8.      Keseimbangan jangka panjang
Perusahaan hanya memperoleh laba normal
Memaksimasi keuntungan pada perusahaan
Akan menjadi masalh bila dalam jangka pendek
Perusahaan mengalami kerugian
Dapat menyebabkan kerugian
9.      Contoh barang
sabun
pasta gigi
dan minyak goreng
Pasar hasil-hasil pertanian
PT. Pertamina (persero)
PT. Perusahaan Listrik Negara (persero)
PT. Kereta api (persero)
Perusahaan menjual mobil, motor, rokok, semen dan sebagainya



Daftar pustaka

Share This Article:

CONVERSATION

0 komentar :

Posting Komentar