Keterubungan Empat TSI Perbankan



Platform perangkat keras
Pada bagian Platform lebih mengarah pada perangkat keras yang digunakan seperti Main Frame, Mini Komputer dan PC atau PC LAN
Main Frame.
Adalah perangkat mesin komputer berskala besar yang pada umumnya digunakan oleh organisasi yang berukuran besar.
Mini Computer.
Adalah sistem komputer berskala menengah (kecil sampai dengan sedang) biasanya dengan fasilitas “multi programming atau multi tasking” yang sering digunakan untuk aplikasi departemen. 
PC LAN
Adalah sistem komunikasi data setempat atau lokal dalam bentuk jaringan komputer (misalnya terdiri dari beberpa personal computer) dalam suatu ruangan, gedung atau lokasi tertentu yang dihubungkan dengan saluran komunikasi secara khusus. Apabila jaringan tidak dibatasi pada suatu lokasi, atau jaringan antara suatu LAN dengan LAN lainnya yang tidak selokasi, maka jaringan tersebut dinamakan WAN (Wide Area Network).
Media Komunikasi data
Komunikasi Data merupakan contoh ketiga dari penggunaan TSI perbankan dimana komunikasi tersebut dapat dilakukan secara Online dan Offline.
1.      Komunikasi data Offline yaitu pertukaran data yang dilakukan tanpa adanya jaringan internet sebagai penghubungnya atau biasa dilakukan pada satu gedung saja, dah bahkan pada bank-bank yang belum berkembang komunikasi data yang dilakukan masih menggunakan flashdisk.
2.      Komunikasi data Online yaitu pertukaran data yang dikirimkan melalui terminal komputer dapat langsung didapat, langsung diproses oleh komputer ketika saat kita membutuhkannya. Online  itu seperti Vsat, Leased Line dan Dial Up.
Dial-up Line.
Atau switch line adalah istilah komputer untuk saluran telepon (dial atau button) yang digunakan sebagai media untuk mentransmisi data antar lokasi tertentu.

Mode atau sifat keterhubungan antar kantor
Hubungan Antar Kantor, terbagi menjadi tiga bagian besar yaitu ;
1.      Centralisasi yaitu dimana pemprosesan data terpusat pada pusat bank dan bergantung sepenuhnya pada pusat.
2.      Distributed yaitu pusat memberikan kewenangan untuk data diolah kecabang terlebih dahulu dan kemudian dikumpulkan ke pusat dengan ketentuan waktu yang telah disepakati. 
3.      Combination  merupakan cara berhubungan antar kantor yang melakukan keduanya


Integritas System  
Integritas System  lebih mengarah pada bagaimana cara pengolahan data tersebut contohnya itu 
1.      Real Time dimana data diperbaharui setiap waktu. Contohnya yaitu pada Bank BCA dan BRI bila kita menglakukan pengiriman antar bank tersebut maka uang yang kita miliki akan berkurang pada saat kita selesai melakukan penyetoran, hal tersebut terjadi karena pengolahan data dilakukan secara Real Time.
2.      Batch dimana data ditumpuk terlebih dahulu dan kemudian diproses sehingga memerlukan waktu yang cukup lama .Contohnya seperti berikut, bila kita pernah mengalami kasus dimana kartu ATM kita tertelan di mesin ATM dan kita mengurusnya di bank yang bersangkutan maka kita disuru menunggu seminggu atau beberapa hari kemudian hal tersebut dinamakan Batch karena data ditumpuk terlebih dahulu dan kemudian diproses sehingga memerlukan waktu yang cukup lama.Hal tersebut terjadi karena tidak setiap saat pengisi mesin ATM membuka mesin ATM sehingga hal tersebut baru diproses sesuai dengan beberapa waktu pengisi mesin tersebut melakukan pengisian.
3.      Re-entry

daftar pustaka
 http://nurachman-ceper.blogspot.co.id/2011/05/penggunaan-tsi-perbankan.html


Share This Article:

CONVERSATION

0 komentar :

Posting Komentar