TUGAS 1

INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT


1.Pendahuluan
     
  Kehidupan ini tidak bisa terlepas dari yang namanya individu (diri sendiri), keluarga dan masyarakat. Kehidupan individu tidak akan bisa berjalan atau hidup kalau tidak adanya orang lain seperti keluarga dan masyarakat begitu pun sebaliknya,karena manusia adalah makhluk social yang dimana setiap manusia pasti membutuhkan orang lain.
    Peran keluarga dan masyarakat sangat mempengaruhi diri kita, baik itu dari segi positif atau pun negatif.untuk itu kita harus tau apa fungsi individu,keluarga dan masyarakat , agar kehidupan kita berjalan sesuai dengan harapan kita.
      Sebelum kehidupan terarah kepada hal-hal yang tidak di inginkan terlebih dahulu kita harus mengetahui fungsi individu,keluarga dan masyarakat.

A. Individu dan keluarga
 
      
     Individu adalah diri seseorang yang tidak butuh orang lain atau diri sendiri. Keluarga adalah suatu bentuk masyarakat yang tidak bersifat umum keberadaan  orang-orangnya.
     Di dalam suatu keluarga peran seorang ibu dan ayah sangat penting untuk kelangsungan hidup seorang anak, apabila kehidupan sebuah keluarga tidak terjamin untuk seoarang anak maka seorang anak akan terpengaruh dalam apa yang tidak kita inginkan. Oleh karena itu seorang ibu harus dapat mengatur seorang anak dan suami memelihara pendidikan anak-anak.
    Keluarga dengan berbagai fungsi yang dijalankan adalah sebagai wahana dimana seorang individu mengalami proses sosialisasi yang pertama kali, sangat penting artinya dalam mengarahkan terbentuknya individu menjadi seorang yang berpribadi. (Mukhlish muchad Fuadi: 3rd Semester 2007)
Banyak sekali tugas seorang ibu dan ayah untuk sebuah keluarga demi utuhnya kehidupan sebuah keluarga.
Beberapa peran ibu dan ayah dalam keluarga :
a.      Ayah bertangung jawab akan kehidupan istri dan anak
b.      Ibu harus mengetahui akan kehidupan rumah dalam rumah tangga
c.       Ibu sebagai pelindung seorang anak
d.      Ayah memberi nafkah kepada keluarga.

B. Individu dan Masyarakat
   
   Para ahli telah memberikan banyak pengertian tentang masyarakat. Smith, Stanly dan shores mendefinisikan masyarakat sebagai suatu kelompok individu-individu yang terorganisasi serta berfikir tentang diri mereka sendiri sebagai suatu kelompok yang berbeda.(Smith, Stanly, shores, 1950, p.5)     
     Ada dua hal yang kita bias lihat dari pengertian di atas bahwa masyarakat kumpulan kelompok yang terorganisasi dan  masyarakat hanya berfikir tentang dirinya sendiri.
      Znaniecki menyatakan bahwa masyarakat merupakan suatu sistem meliputi unit biofisik para individu yang bertempat tinggal pada suatu daerah geografis tertentu selama periode waktu tertentu dari suatu generasi.(F Znaniecki, 1950, p. 145).
      Dari pengertian di atas sangat berbeda bahwa masyarakat itu tidak perlu berorganisasi, karena individu yang bertempat tinggal atau menempati suatu daerah itu sudah disebut masyarakat. Oleh karena itu masyarakat bukanlah kumpulan suatu kelompok yang harus berorganisasi yang dapat membentuk suatu kelompok.

Individu, Keluarga dan Masyarakat
     Dari uraian tersebut dapat kita simpulkan bahwa individu,keluarga dan masyarakat itu saling membutukan satu sama lainnya.Dan kita juga dapat mengetahui hunbungan antara individu, keluarga dan masyarakat yang dimana saling berkaitan apabila salah satu dari itu tidak berjalan/tidak terlaksana dengan baik maka kehidupan ini akan terasa tidak seimbang, karena manusia itu adalah makhluk social dimana manusia pasti membutuhkan orang lain.
   Jika individu dan masyarakat itu serasi selaras dan seimbang dalam kehidupan maka manusia akan sejahtera dan bahagia lahir maupun batinnya.maka dari itu agar kehidupan kita menjadi apa yang kita inginkan, jalankan lah kehidupan ini apa adanya.


 DAFTAR PUSTAKA

1.Mukhlish muchad Fuadi: pengertian keluarga.3rd Semester 2007. 
2.Smith, Stanly, shores,: pengertian masyarakat. 1950, p.5.
3.F Znaniecki : pengertian masyarakat dan hubungan individu dengan masyarakat.1950, p. 145.


  









  


Share This Article:

CONVERSATION

0 komentar :

Posting Komentar